Monday, February 4, 2013

Tips dan Trik Lulus USM STIS Tahap 1




Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trik lulus ujian masuk STIS tahap 1 yang merupakan salah satu rangkai  tahap ujian masuk STIS. Sebelum itu saya review dulu mengenai beberapa syarat yang harus temen-temen penuhi sebelum mengikuti tes USM STIS yaitu pastikan temen2 adalah lulusan SMA/MA dari program IPA dan nilai untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris semester 1 minimal 7,00 dan itu bukan hasil pembulatan (referensi persyaratan USM STIS tahun 2012/2013), untuk lebih lengkapnya temen-temen bisa lihat situs resmi STIS yaitu stis.ac.id


Berikut adalah tips dan triknya:
1. Soal Matematika
Wah ketemu lagi sama matematika… apakah itu eskpresi temen2 ketika melihat soal matematika hhe, sebenarnya tidak ada yang sulit, yang membuat kita sulit adalah pikiran kita sendiri so kita harus optimis maka Tuhan akan memberikan jalan untuk kita. Pada tahap 1 ini temen2 akan diberikan 60 soal matematika dan temen2 hanya diberikan waktu 90 menit. Oleh karena itu temen-temen harus cermat dalam memilih soal, kerjakanlah soal yang dirasa bisa dan kerjakanlah dengan teliti dan cepat. Materi yang yang perlu temen2 persiapkan yaitu integral, limit, diferensiasi (turunan), fungsi, persamaan dan pertidaksamaan variabel, barisan dan deret geometri, barisan dan deret aritmatika, logaritma natural, trigonometri, dll. Dalam menghadapi soal matematika temen2 harus banyak berlatih mengerjakan soal2 USM tahun–tahun sebelumnya, ingat jangan hanya sekedar paham, temen2 juga harus mencari cara cepat untuk mengerjakannya. Ketika nanti temen2 sudah diberi soal oleh pengawas saat ujian jangan lupa berdoa dulu dan kerjakanlah soal-soal yang dirasa bisa. Jangan menyerah dengan soal2 yang terlihat rumit, justru soal2 yang terlihat rumit biasanya penyelesainya sederhana so jangan lupa cari cara cepatnya dan biasanya soal-soal yang mudah ada di bagian tengah. Ingat matematika memiliki porsi yang cukup besar namun demikian hal tersebut jangan dijadikan beban, untuk amannya temen-temen usahakan bisa mengerjakan setengahnya (30 soal atau lebih)dan dalam mengerjakan soal matematika janganlah terlalu berambisi untuk mengerjakan semuanya, kerjakanlah yang yakin benar saja (yakin 90% benar).
2. Soal Bahasa Inggris
Jumlah soal bahasa Inggris jika mengacu soal USM tahun 2012/2013 yaitu sebanyak 60 soal yang terdiri dari 40 soal structure, 10 soal vocabulary dan 10 soal reading, soal2 tersebut dikerjakan dalam waktu 60 menit. Strategi mempelajari soal stracture yaitu temen2 bisa mempelajari soal2 structure pada buku persiapan SNMPTN kalau bisa yang ada pembahasan dan materi perbabnya karena berdasarkan pengalaman banyak soal yang ada di buku soal2 tersebut yang dikeluar di tes USM STIS, adapun materi structure yaitu Tenses, Passive Voice, Auxiliary, Reported Speech, To Infinitive, Gerund, Participle, Conditional Sentence, Causative, Adjective Clause, Derivation, Shortened Clause, Conjuction, Concord, Eliptical, etc. Strategi untuk mempelajari vocabulary yaitu temen2 harus membiasakan diri membaca artikel2 dalam bahasa Inggris untuk memperbanyak kosakata, selain itu dapat juga disiasati dengan mempelajari (kalau bisa dibuat catatan) soal2 vocab yang pernah dikeluarkan baik di soal USM STIS maupun soal2 SNMPTN karena biasanya ada soal yang dikeluarkan atau sama. Sedangkan strategi untuk mengerjakan soal reading yaitu temen2 harus dapat mengetahui maksud dari teks yang disajikan dan memperbanyak vocab karena biasanya selain kita disuruh menentukan judul, true/false, informasi dari teks tersebut dan biasanya muncul juga soal vocab. Dalam mengerjakan soal bahasa Inggris usahakan temen2 mengerjakan semaksimal mungkin kalau bisa 50 soal atau lebih, dan jangan lupa kerjakanlah yang bisa dan yakin benar.
3. Soal Pengetahuan Umum
Jumlah soal pengetahuan umum jika mengacu soal USM tahun 2012/2013 yaitu sebanyak 60 soal dan diberikan waktu 60 menit. Materi soal pengetahuan umum sangat beragam dan setiap tahunnya hampir berbeda. Namun demikian biasanya soal pengetahuan umum berisikan pengetahuan tentang BPS dan STIS, sensus, UUD, Pancasila, PKn, sosiologi, berita terkini, teknologi, dan informasi tentang Indonesia. Maka dari itu perbanyaklah membaca dan dalam mengerjakan soal pengetahuan umum, usahakan temen2 mengerjakannya semaksimal mungkin, namun demikian jika memang temen2 tidak tahu jawabannya mending jangan dijawab, untuk amannya usahakan kerjakan 50 soal atau lebih.

0 komentar:

Post a Comment